Langsung ke konten utama

Selamat Datang

Selamat Datang  di website AdiWisnugraha.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diawali Dari Pendopo Diakhiri Mangan Bareng Konco

Ini cerita akhir pekan bersama anak-anak muda kota Gresik.  Sebenarnya sepekan sebelumnya bersama teman-teman di komunitas Ini Gresik kita mau jalan-jalan ke Mengare. Tetapi merujuk pada ramalan Google (ramalan Google lebih bisa dipercaya daripada ramalan dukun 😁) bahwa hujan masih akan banyak meramaikan langit kota Gresik. Maka rencana pun kita alihkan menjadi jalan-jalan ke spot-spot yang dekat dengan area kota saja.
Akhirnya setelah diskusi singkat via udara tanpa sempat ngopi darat, kita bikin acara Mlaku2 IniGresik dengan spot tujuan di seputaran kampoeng lawas Pulopancikan.
Hujan yang dilanjut dengan gerimis romantis sepanjang pagi hingga siang hari membuat suhu kota Gresik sore selepas Ashar itu menjadi lebih sejuk dari biasanya. Cuaca yang benar-benar cocok untuk event mlaku-mlaku.
A: "Ada yang sudah di pendopo?"
B :"ya mbak kumpul di pendopo, saya sdh di pendopo"
A: "aku sudah di pendopo"
B: "posisi mbak dimana?"
A: "di pendopo&qu…

Filosofi SHINKANSEN

Semakin lama, "pergerakan" dan produktifitas manusia semakin cepat. Semula, manusia memenuhi kebutuhannya dengan mengambil apa yang tersedia langsung di alam, menangkap binatang, memetik dari pepohonan. Itu disebut era berburu. 
Tentu saja, hasil yang didapatkan sangat terbatas. Hanya cukup untuk hari itu, atau beberapa hari saja. Produktifitas menjadi lebih cepat ketika manusia beralih ke era agraria. Orang-orang mengais tanah, menanam benih, menyiramnya, dan dalam waktu beberapa bulan mereka memetik hasilnya (panen). Jauh lebih banyak daripada hasil berburu. Demikian pula dengan binatang yang telah mereka budidayakan. Aktifitas manusia meningkat. 
Mobilitasnya makin cepat, produktifitasnya makin meningkat. Di era itu kemudian timbul masalah. Musim panen barang melimpah. Karena tidak tahan lama, akhirnya banyak buah dan bahan makanan terbuang sia-sia. Membusuk sebelum sempat dimanfaatkan. Sebaliknya, pada musim yang lain manusia kesulitan mendapatkan sayur, buah, dan bah…