Sabtu, 05 Mei 2018

Diawali Dari Pendopo Diakhiri Mangan Bareng Konco

Ini cerita akhir pekan bersama anak-anak muda kota Gresik. 

Sebenarnya sepekan sebelumnya bersama teman-teman di komunitas Ini Gresik kita mau jalan-jalan ke Mengare. Tetapi merujuk pada ramalan Google (ramalan Google lebih bisa dipercaya daripada ramalan dukun 😁) bahwa hujan masih akan banyak meramaikan langit kota Gresik. Maka rencana pun kita alihkan menjadi jalan-jalan ke spot-spot yang dekat dengan area kota saja.

Akhirnya setelah diskusi singkat via udara tanpa sempat ngopi darat, kita bikin acara Mlaku2 IniGresik dengan spot tujuan di seputaran kampoeng lawas Pulopancikan.
Hujan yang dilanjut dengan gerimis romantis sepanjang pagi hingga siang hari membuat suhu kota Gresik sore selepas Ashar itu menjadi lebih sejuk dari biasanya. Cuaca yang benar-benar cocok untuk event mlaku-mlaku.

A: "Ada yang sudah di pendopo?"
B :"ya mbak kumpul di pendopo, saya sdh di pendopo"
A: "aku sudah di pendopo"
B: "posisi mbak dimana?"
A: "di pendopo"

Chat "ruwet" di grup wa seperti ini terjadi karena memang selama ini banyak peserta event Mlaku2 IniGresik belum pernah ketemu muka sebelumnya. Paling banter hanya saling like dan coment di instagram. Jadi maklumlah bila terjadi chat "ruwet" seperti di atas. Padahal chat itu dilakukan oleh dua orang yang hanya dipisahkan jarak 5 meter. Yang satu berdiri di depan pendopo dan satunya duduk di atas motornya!

Meski rata-rata baru ketemu, tetapi 15 orang peserta mlaku-mlaku yang berasal dari Cerme, Bungah, Suci, Gresik kota bahkan dari Surabaya ini langsung ngeklik. Kita mlaku-mlaku bareng (sejujurnya naik motor sih 😊) mulai dari Klenteng Kim Hin Kiong dan diteruskan ke kampung Arab Jl. KH. Zubair. Hingga akhirnya ditutup dengan dengan makan bareng di rumah salah satu peserta di kampung Kroman. Sajiannya pun istimewa, yaitu kuliner khas Gresik macam endok lele, endok mujaer, endok dlomoh dan wedel bandeng (kurang lengkap dikit karena endok badernya lagi gak musim).

Bersamaan dengan kumandang adzan dari langgar sebelah rumah, maka bubarlah event mlaku-mlaku ini dan kita sama-sama punya hasrat sebulan sekali bisa ketemu untuk mlaku-mlaku bareng lagi di spot-spot kota Gresik yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar